Aturan dan Tata Cara

Nama Acara

Olimpiade Jaringan MikroTik – APJII 2018
Antar SMK-TKJ Tingkat Nasional

Penyelenggara

  1. PT Citraweb Solusi Teknologi (CITRAWEB), sebagai distributor produk Mikrotik di Indonesia dan pemegang mandat pelaksana acara dari Mikrotikls, Latvia.
  2. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII)

Peserta

  1. Olimpiade diikuti oleh Sekolah Menengah Kejuruan yang memiliki jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), atau SMK yang telah terdaftar sebagai MikroTik Academy (telah tercantum di web Mikrotik.com saat melakukan pendaftaran).
  2. Setiap sekolah dapat mengirimkan maksimal 1 tim, yang terdiri dari 2 siswa dan 1 guru atau pendamping yang ditunjuk oleh sekolah.
  3. Kepala sekolah membuat surat penunjukan untuk siswa dan pendamping, sesuai dengan format yang disediakan panitia (download di sini)
  4. Siswa yang dikirimkan adalah siswa aktif pada sekolah tersebut pada tahun ajaran 2018-2019.
  5. Siswa peserta tidak boleh digantikan dengan siswa lainnya.

Pendaftaran

  1. Pendaftaran dilakukan tanggal 1-31 Agustus 2018, secara online di http://olimpiade.mikrotik.id. Penggantian data tidak bisa dilakukan di luar masa pendaftaran.
  2. Tidak dipungut bayaran untuk melakukan pendaftaran mengikuti acara ini.
  3. Pendaftaran dilakukan dengan memasukkan data sekolah, data siswa, dan data guru pendamping, dan mengupload dokumen terkait.
  4. Dokumen yang harus diupload adalah :
    1. salinan digital surat penunjukan dari Kepala Sekolah, sesuai dengan format yang disediakan panitia (download di sini).
    2. salinan digital KTP guru pendamping, dan
    3. salinan digital Kartu Siswa (atau jika tidak memiliki Kartu Pelajar, mengupload kopi digital surat keterangan dari Kepala Sekolah dilengkapi dengan pas foto)
    4. pas foto siswa dan guru pendamping
  5. Pendaftaran dianggap lengkap dan sah apabila telah mengisikan semua data yang diminta, mengupload semua dokumen yang diminta, dan telah dikonfirmasi oleh panitia.
  6. Semua syarat administratif harus dilengkapi selama masa pendaftaran dibuka, dan tidak dapat disusulkan.
  7. Dengan alasan apapun, panitia tidak dapat menerima pendaftaran yang dilakukan di luar masa pendaftaran ataupun pada hari pelaksanaan lomba.

Pelaksanaan Acara

  1. Semua acara dan materi lomba menggunakan Bahasa Indonesia, kecuali istilah-istilah teknis dan perintah konfigurasi yang sulit untuk diterjemahkan akan tetap memakai Bahasa Inggris.
  2. Acara dibagi menjadi dua babak, yaitu babak penyisihan dan babak final.
  3. Babak penyisihan akan dilaksanakan pada bulan September di kota yang berbeda, dan pada masing-masing kota diikuti oleh maksimal 50 sekolah, yang lebih dahulu mendaftar dan lengkap semua persyaratannya. Panitia dapat menambah kapasitas peserta per kota, disesuaikan dengan kesiapan teknis dan operasional.
  4. Pendaftar secara otomatis akan ditentukan untuk mengikuti babak penyisihan di kota tertentu, sesuai dengan pembagian wilayah yang ditetapkan oleh panitia.
  5. Biaya transportasi dan akomodasi untuk mengikuti babak penyisihan sepenuhnya ditanggung oleh pihak sekolah.

Babak Penyisihan

  1. Tanggal dan lokasi penyisihan, sesuai dengan jadwal.
  2. Peserta harus melakukan pendaftaran ulang sebelum acara dimulai, sesuai dengan jadwal yang ditetapkan panitia.
  3. Saat daftar ulang, setiap peserta harus:
    1. membawa dan menunjukkan surat konfirmasi pendaftaran yang didapat dari sistem web secara online
    2. menyerahkan surat penunjukan asli dari kepala sekolah
    3. menunjukkan KTP guru pendamping, sesuai dengan yang data yang dimasukkan ke sistem pendaftaran
    4. menunjukkan Kartu Pelajar asli (atau jika tidak memiliki Kartu Pelajar, menunjukkan surat keterangan asli dari Kepala Sekolah dilengkapi dengan pas foto)
  4. Peserta yang terlambat melakukan daftar ulang atau tidak membawa syarat yang ditentukan tidak dapat mengikuti acara ini.
  5. Ada dua tahap yang dilaksanakan pada babak penyisihan:
    1. Tahap 1, berupa test tertulis.
    2. Tahap 2, berupa kuis interaktif.
  6. Setiap peserta diwajibkan membawa alat tulis dan alas menulis.
  7. Jumlah peserta yang lolos ke Babak Final diatur sesuai dengan jumlah peserta yang hadir di lokasi tersebut, sebagai berikut:
    1. 1 tim, jika jumlah peserta yang hadir 1 - 15 tim.
    2. 2 tim, jika jumlah peserta yang hadir 16 - 35 tim.
    3. 3 tim, jika jumlah peserta yang hadir lebih dari 35 tim.

Tahap 1

  1. Pada seleksi tahap 1, peserta mengerjakan 50 soal pilihan berganda yang harus dikerjakan dalam waktu 60 menit. Satu lembar soal dan jawaban dikerjakan secara tim (oleh dua orang siswa).
  2. Pada seleksi tahap 1, peserta yang sudah selesai mengerjakan boleh mengumpulkan soal dan lembar jawaban terlebih dahulu. Semua soal dan lembar jawaban tidak boleh dibawa pulang.
  3. Tidak diperkenankan membuka catatan, handphone, tablet, ataupun mengakses internet dengan acara apapun.
  4. Tidak diperkenankan berkomunikasi dengan pihak lain dengan media apapun.
  5. Tidak diperkenankan memotret soal ataupun lembar jawaban dengan cara apapun.
  6. Jumlah peserta yang lolos tahap 1 disesuaikan dengan jumlah peserta di kota tersebut.
  7. Jika terdapat nilai yang sama, maka akan ditentukan berdasarkan yang mengumpulkan terlebih dahulu. Jika masih sama, peserta yang lebih dahulu salah di nomor pertanyaan yang lebih kecil dianggap kalah.
  8. Urutan ranking dan nilai dari tahap 1, baru akan diumumkan secara terbuka setelah selesai seleksi tahap 2.

Tahap 2

  1. Tahap 2 dilakukan dalam kelompok, di mana tiap kelompok diikuti 3 tim.
  2. Pembagian kelompok diatur berdasarkan ranking hasil seleksi tahap 1, secara terdistribusi, contoh pembagian untuk 3 kelompok:
    1. Kelompok 1 : diikuti oleh ranking 1, 6 dan 9
    2. Kelompok 2 : diikuti oleh ranking 2, 5 dan 8
    3. Kelompok 3 : diikuti oleh ranking 3, 4 dan 7
  3. Juara 1 dari masing-masing kelompok akan mengikuti babak final di YOGYAKARTA.
  4. Pada tahap 2 ini, akan ada 2 putaran pertanyaan:
    1. Putaran 1, akan ada 10 pertanyaan rebutan dengan bobot nilai 10. Jika salah akan dikurangi 5, dan bisa dijawab oleh peserta lainnya yang juga telah menekan tombol.
    2. Putaran 2, akan ada 10 pertanyaan rebutan dengan bobot nilai 25. Jika salah akan dikurangi 10, dan bisa dijawab oleh peserta lainnya yang juga telah menekan tombol.

Babak Final

  1. Diadakan di Yogyakarta tanggal 18 Oktober 2018.
  2. Diikuti oleh tim yang lolos dari babak sebelumnya.
  3. Panitia akan memberikan tunjangan biaya operasional untuk tim yang mengikuti babak final : Rp 5.000.000,- untuk tim yang berasal dari luar Pulau Jawa dan Rp 3.000.000,- untuk tim yang berasal dari Pulau Jawa.
  4. Tunjangan biaya operasional akan diberikan pada saat daftar ulang babak final.
  5. Pada babak final ini, ada 3 tahapan lomba yang harus dilewati oleh peserta :
    1. Tahap 3 : Tahap ini berupa test praktek, selama 60 menit, 9 (sembilan) tim terbaik maju ke tahap 4.
    2. Tahap 4 : Tahap ini berupa test praktek, selama 90 menit, 3 (tiga) tim terbaik maju ke tahap Grand Final
    3. Tahap 5 / Grand Final : Tahap ini berupa kuis interaktif yang diikuti oleh 3 peserta.

Hadiah

Bagi para pemenang disediakan hadiah sebagai berikut:

  1. Juara 1 : Piala dari Menkominfo, uang pembinaan Rp 25.000.000,- dan perangkat jaringan (20 buah hAP-AC-Lite).
  2. Juara 2 : Piala, uang pembinaan Rp 15.000.000,- dan perangkat jaringan (20 buah hAP).
  3. Juara 3 : Piala, uang pembinaan Rp 10.000.000,- dan perangkat jaringan (20 buah hAP-Lite).

Lain-lain

  1. Jika ada yang ingin ditanyakan mengenai tata cara dan aturan ini, dapat dilakukan dengan mengirimkan email ke [email protected]
  2. Dengan mendaftarkan diri pada acara ini, sekolah dan pihak yang mewakilinya menyatakan mengerti, memahami, menyetujui, dan mematuhi aturan Olimpiade, serta aturan dan keputusan yang ditetapkan oleh panitia Olimpiade dan dewan juri.
  3. Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.